Senin, 07 Maret 2016

Apa Itu Robustness?

Bagi yang bergelut di dunia komputer, atau mungkin bagi yang baru mendalami, mungkin pernah mendengar kata robust. Sebenarnya apa sih robust?

Kalo secara bahasa menurut Merriam-Webster sih, robust itu arti sederhananya adalah strong and healthy, kuat dan sehat. Trus kalau di dunia komputer yang dimaksud dengan robust atau robustness itu apa?

Robustness maksudnya adalah kemampuan sebuah sistem komputer dalam menghadapi error ketika eksekusi program sedang dijalankan. Penerapan robustness ini bisa termasuk dalam hal apa saja, salah satu contohnya adalah algoritma sebuah program. Ketika terjadi error, program tersebut masih bisa berjalan atau tidak; fungsi-fungsi lainnya terpengaruh atau tidak; intinya itu program bisa diandalkan atau tidak ketika terjadi error atau failure. Untuk mendapatkan algoritma yang robust ini tidak mudah, perlu dilakukan serangkaian test dengan kombinasi berbagai kemungkinan input atau kondisi. Karena itu ketika sebuah program disebut robust, maka kemungkinan besar program tersebut dapat diandalkan untuk melakukan task sesuai fungsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts