Senin, 07 Maret 2016

Lambda : Python

Pertama kali mengenal lambda saya tidak begitu tertarik. Dulu saya berpikiran, untuk apa pusing memikirkan cara menulis fungsi dalam satu baris. Toh pakai cara biasa juga bisa walaupun baris-barisnya bisa lebih banyak. Nah lho, aneh kan? Alhasil program saya bisa terdiri dari banyak baris yang sebenarnya bisa dipersingkat jadi satu baris. Padahal, kalau mau berpikir sebentarrr saja.. beberapa baris-baris itu bisa dihilangkan sehingga programnya bisa lebih rapi. Dasar malas! Haha.

Sampai suatu ketika mau tidak mau saya harus menuliskan program dengan menggunakan lambda. Ternyata wow luar biasa. Powerful. Dan ternyata buat memahami fungsi nya gak menghabiskan waktu lama-lama amat. Cukup perhatikan contohnya lalu pahami. Simple.

Cara paling mudah mempelajari bahasa pemrograman adalah dengan memperhatikan contoh yang sederhan. Pahami lalu kembangkan sendiri. Saya contohkan penggunaan lambda dengan contoh berikut.

Sebelumnya dengan fungsi biasa kita bisa tulis

def f(x):
       return x*x

Nah kalau menggunakan lambda cukup tulis

f = lambda x: x*x

Cara memanggil fungsinya sama; misalkan f (3) hasilnya akan sama-sama 9. Bayangkan fungsi dengan beberapa baris bisa disederhanakan dengan lambda. Silakan fahami contoh tersebut dan selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts